Assalamualaikum. wr. wb
Kali ini aku akan memberikan cara mudah menyimpan file/data ke flashdisk. Langsung saja disimak..

1. Pastikan anda telah memiliki flashdisk.

2. Colokkan flashdisk anda ke Port USB Laptop/PC.

3. Pastikan sudah tersambung, kemudian klik File Explorer, di bagian bawah.

4. Pada bagian This PC, cari dan pastikan nama flashdisk anda. Misalnya, USB Drive (F:), nama flashdisk akan berubah tergantung dengan jenis laptop yang kita gunakan. Jika ada, berarti flashdisk anda sudah terbaca oleh Laptop/PC. 

5. Cari file/data yang akan anda simpan di flashdisk. Misalnya anda menyimpan data/file tersebut di Document, lalu cari file tersebut. Sebagai contoh pada gambar, nama filenya Apresiasi Seni Musik

6. Klik kanan pada file > copy.

7. Kemudian masuk ke USB Drive (F:). Anda bisa masuk dengan This PC > USB Drive (F:) atau anda langsung klik USB Drive (F:) di bagian pojok kiri.


8. Disini saya meletakkan filenya didalam folder, yakni folder Seni Budaya. Kemudian, klik kanan > paste.

9. Selesai. File sudah tersimpan di flashdisk.



Catatan :

  • Sebelum anda menyimpan file ke flashdisk, pastikan anda telah menyiapkan tempat atau folder penyimpanan file di flashdisknya. Anda bisa membuat folder dengan cara klik kanan > New > Folder. Dan buat nama foldernya.

  • Jika proses penyimpanan file selesai, sebelum anda mencabut flashdisk dari Port USB, jangan lupa klik Eject. Ini berfungsi agar file yang tadinya disimpan tidak hilang dan aman dari virus. Caranya klik kanan pada USB Drive (F:) > Eject

  • Jika anda kurang paham dengan cara menyimpan file ke flashdisk diatas, anda bisa menyimpan file ke flashdisk dengan, klik kanan file > Send to > USB Drive (F:). Namun, cara ini tidak langsung menyimpan file didalam folder, melainkan meletakkan file di luar folder. 



Sekian tutorial dari saya, semoga dapat membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas. Wassalam...