Assalamualaikum. wr. wb
Halo sobat semua, bingung cara membuat cover ebook ? kali ini aku akan memberi tutorial cara membuat cover ebook dengan Powerpoint. Langsung saja disimak.

1. Masuk ke aplikasi Ms. Powerpointnya. Kali ini aku menggunakan Ms. Powerpoint 2010.

2. Setelah masuk, klik Design, pada bagian Design klik page setup.


3. Kemudian, ganti ukuran kertas pada slides size for. Misalnya anda membuat ebook dengan ukuran kertas A4 Paper. Pada bagian Orientation ganti menjadi portrait. Klik OK.

4. Tampilan telah berubah, kemudian klik Insert, pada bagian insert, klik shapes dan cari bentuk rectangle.

5. Kemudian tarik shapes dari ujung, hingga menutupi seluruh kertas.

6. Kemudian klik kanan > Format shape.

7. Kemudian, pada bagian Fill > Picture or texture fill > File > Cari gambar. Aku memilih ini karena sebelumnya aku telah mendowload gambar covernya dan di simpan di file explorer.

8. Setelah memilih, klik Insert. Dan inilah hasilnya. Gambar cover ebook seharusnya disesuikan pula dengan judul ebooknya ya...

9. Lanjut, tinggal kita beri teks untuk membuat judul ebooknya dengan menggunakan Text Box. Klik Insert > Text Box dan tarik kursornya > tulis judul.

10.Buatlah judul semenarik mungkin bagi Anda. Anda bisa mengatur jenis font, warna font, ukuran font, dll. Dan jangan lupa tuliskan nama penulisnya di bagian bawah cover.

11. Jika selesai, anda klik save as atau Ctrl + S. Ganti Nama file.

12. Pada bagian Save as type pilih JPEG File Interchange Format. Ini membuat file berubah menjadi gambar dan tidak menjadi slide ppt seperti biasanya.

13. Selesai, dan anda telah berhasil membuat cover ebook.


Lalu, bagaimana cara memasukkan cover ini di Ms. Word ? Berikut langkahnya.
1. Masuk ke Ms. Word.
2. Pastikan ukuran kertas A4 sama dengan ukuran cover tadi.
3. Kemudian klik Insert > Shapes > Rectangle. Cara ini sama dengan cara diatas pada Ms. Powerpoint tadi, tarik kursor hingga memenuhi kertas.
4. Klik kanan > Format shapes > Fill > Picture or texture fill > File > Cari gambar dimana kamu menyimpan gambar cover ebook tadi.
5. Terakhir, tekan Insert. Selesai.