Assalamualaikum.wr.wb
Pernahkah anda membuat daftar isi dengan mengetik titik-titik sebanyak-banyaknya ? Mungkin anda belum menyadari bahwa ada langkah cepat dalam membuat daftar isi, tanpa mengetik titik-titik.

Begini Cara Membuat Daftar Isi dengan Ruler 

1. Pertama kita harus meletakkan tabulasi tab pada ruler. Dengan mengklik ruler dua kali, maka tabulasi tab akan muncul. Bentuknya seperti L

2. Kemudian akan timbul pengaturan Tab. Jika belum muncul, anda bisa mengklik tabulasi tab tersebut dua kali. Kemudian, pada bagian Leader, pilih 2...... dan pilih set. Terakhir klik OK.

3. Lanjut, buat daftar isi sesuai yang dibutuhkan. Misalnya yang pertama Kata Pengantar. Setelah tulisan Kata Pengantar, anda hanya klik Tab pada keyboard, dan titik-titik akan muncul secara otomatis.

4. Kemudian lanjut lagi buat Daftar isi, anda hanya klik Tab pada keyboard saja.

5. Untuk selanjutnya, anda hanya klik tombol Tab saja, maka titik-titik akan muncul secara otomatis. Selesai. Selamat bekerja.


Catatan :

  • Dalam membuat Daftar Isi, sebelum masuk Bab 1, seharusnya halamannya menggunakan angka romawi (i, ii, iii, iv)
  • Jadi, pada Bab 1 hingga akhir, menggunakan angka biasa (1, 2, 3, 4)

Mudah bukan ? Anda tidak perlu lagi mengetik titik-titik secara manual dalam membuat daftar isi. Cukup menggunakan tabulasi tab pada ruler. Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih. Wassalam :)